IKLAN

Buku Tamu

Visitors

My Blog Fans

SHARE ON

Thursday, June 16, 2011

Popularitas Obama Meredup

WASHINGTON - Kepopuleran Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama tengah merosot. Harian Gallup menyatakan survei terhadap dukungan Obama menurun sekitar 46 persen. Permasalahan seperti ekonomi dan juga politik domestik yang terjadi di AS, menjadi fokus publik dalam menilai kinerja Obama.

Banyak penilaian miring terhadap Obama dalam bidang perekonomian. Beberapa orang menyatakan perekonomian AS di bawah kendali Obama stagnan atau bahkan bisa menjadi lebih buruk. Dinyatakan pula bahwa, pada Mei lalu, pengangguran di AS meningkat.

Menurut survei dari CNN, 57 persen dari Partai Republik AS menyatakan khawatir akan kondisi ekonomi AS di bawah kendali Obama, sementara itu 79 persen dari Partai Demokrat tidak khawatir. Dan sebanyak 91 persen Partai Republik menyalahkan Obama dalam masalah perekonomian AS.

Sementara itu dalam survei CNN terkait isu terorisme, Partai Republik menyatakan 55 persen dukungannya agar menjadikan isu terorisme menjadi isu penting dalam kebijakan AS.

Terdapat pula kesenjangan antara Partai Demokrat dan Republik AS. Mayoritas dari kubu konservatif AS secara mutlak menolak Obama. Berdasarkan survei dari PEW Research Center 84 persen konservatif tidak menerima Obama, tapi 64 persen kubu liberal mendukungnya.

Seperti diberitakan oleh Salon,Kamis (16/6/2011). Dukungan terhadap Obama oleh warga kulit hitam dan latin AS juga terlihat menurun.

Dahulu Obama mungkin mendapatkan suaranya dari para pemilih muda, warga kulit hitam dan latin di AS. Obama bahkan dapat menarik suara dari para pendukung Partai Republik yang kecewa atas pemerintahan George Bush dan Dick Chenney.

Kenyataan saat ini, banyak para pemilih yang memalingkan diri dari Obama. Mereka kecewa terhadap Obama dalam hal memecahkan masalah perbankan, pemulihan ekonomi dan jaminan kesehatan bagi warga.

Walaupun demikian, tidak sedikit pula para pendukung Obama. Para kaum progresif masih menganggap Obama sebagai sahabatnya. AS butuh pemimpin yang dapat meyakinkan seluruh warga bahwasannya mereka siap untuk tantangan.(rhs)

0 comments:

Post a Comment

Followers