IKLAN

Buku Tamu

Visitors

My Blog Fans

SHARE ON

Thursday, October 20, 2011

10 TRADISI UNIK DUNIA YANG MENAKJUBKAN!!

1. Hari Angsa, Spanyol (Day Of The Geese)



Hari Angsa (Antzar Eguna) adalah Tradisi orang2 Spanyol dimana seekor Angsa yang diminyaki di gantung di atas air lalu pemuda2 spanyol loncat dari kapal dan berusaha menarik sampai putus leher angsa tersebut. Kontes ini dimaksudkan sebagai ajang pembuktian diri pemuda2 Spanyol untuk membuktikan ketangguhannya kepada Gadis2 Spanyol.

Dulu tradisi ini memakai Angsa Hidup - namun karena kecaman dari aktivis hewan angsa yang dipakai sekarang adalah angsa mati.



2. Potong Jari, Indonesia


Tradisi ini dilakukan oleh suku pedalaman DANI di Indonesia sebagai simbol kesedihan karena kehilangan salah satu anggota keluarga.
Tradisi ini hanya terbatas untuk kaum perempuan saja - syukurnya sekarang tradisi ini sudah jarang dipraktekan lagi.



3. Pesta Monyet ,Thailand (Monkey Buffet Festival)


Acara tahunan masyarakat Thailand ini dimaksudkan untuk bersyukur atas dewa dengan cara mengundang lebih dari 2,000 monyet untuk makan buah2an dan sayur2an yang disediakan oleh warga.
Dalam satu festival bisa menghabiskan 3,000 kilogram buah2 an dan sayur



4. Kaki Lotus, China (Foot Binding)


Mungkin diantara tradisi2 di artikel ini, Kaki Lotus adalah tradisi unik yang paling terkenal didunia; karena tradisi ini menggambarkan tuntutan masyarakat terhadap kaum wanita.
Tradisi Kaki Lotus ini hanya dilakukan oleh wanita dan dianggap sebagai wujud kesetiaan dan erotisme seorang wanita terhadap suami.

untuk membentuk kaki lotus sang wanita harus mengalami fase sakit yang luar biasa dengan mengikat kakinya dan memakai sepatu kecil khusus untuk membentuk kaki nya (men-cacat kan kakinya) sehingga menjadi kecil.

Wanita dengan kaki lotus sangat terbatas gerakannya dan oleh karena itu biasanya mereka hanya tinggal dirumah dan menjadi seorang ibu rumah tangga - oleh karena itu pula kaki lotus erat artinya dengan Kesetiaan seorang istri kepada sang suami.

Tradisi ini sudah tidak pernah di praktekan kembali.



5. Pemakaman Langit, Tibet (Sky Burial)
Spoiler for Incredible World Traditions:


Pemakaman langit adalah tradisi umum masyarakat tibet. Mayat dalam tradisi ini "diumpankan" kepada burung2 pemakan bangkai (vultures).

Prosesnya setelah seseorang meninggal, mereka akan dibiarkan selama 3 hari tanpa disentuh lalu para pendeta mendoakan doa di sekeliling mayat; setelah didoakan "sang penghancur tubuh" (the body breaker) akan memersiapkan tubuh tersebut untuk dimakan oleh burung pemakan bangkai.

Tubuh mayat tersebut tidak dibungkus - Kapak dan parang digunakan untuk memotong bagian2 tubuh secara cepat dan tepat.





6. Festival Tomat, Spanyol (La Tomatina)


La Tomatina adalah festival yang diadakan di kota Valencia, Bunol; dimana para peserta dipersilahkan untuk melempar tomat ke arah orang lain - sehingga terlihat seperti perang tomat.

Festival ini merupakan salah satu agenda festival penting di Spanyol yang membantu menyuarakan pariwisata di negara tsb.



7. Puasa Kamar Mandi, Indonesia (Bathroom Ban)


Tradisi ini dilakukan oleh orang2 TIDONG - sekelompok suku dari Kalimantan Utara di Indonesia.

Dalam adat pernikahan ini, biasanya para calon pengantin dilarang untuk ke kamar mandi selama 3 hari 3 malam, dan itu termasuk Dilarang kencing, Dilarang buang air besar dan Dilarang mandi.

Tradisi ini dipercaya bisa membuat pernikahan para pengantin tersebut langgeng, bahagia dan subur.

Demi suksesnya Puasa Kamar mandi ini para pengantin hanya diperbolehkan makan sedikit dan minum sedikit - dan biasanya di awasi oleh anggota keluarga lainnya.


8. Gurning ,Inggris


"Gurn" berarti ekspresi muka yang berantakan / jelek.
Tradisi ini sudah dilakukan oleh orang2 Inggris semenjak 1267 dan dimaksudkan sebagai hiburan dan humor dikalangan masyarakat inggris.

Tradisi Gurning bahkan mempunyai kejuaraannya sendiri di daerah EGREMONT, Inggris. Para peserta memakai kerah kuda dan membuat muka paling jelek untuk memenangkan sejumlah uang.



9. Penghitaman Pengantin Wanita ,Skotlandia (Blackening the Bride)



Untuk mempersiapakan pernikahannya, pengantin perempuan di skotlandia harus mengalami ritual yang "agak" menjijikan ini. Dalam ritual ini, pengantin wanita diculik oleh teman2 nya sendiri untuk lalu disiram habis2 an dengan telur, susu basi, bulu angsa, dan zat2 menjijikan lainnya. Setelah disiram habis2 an sang pengantin perempuan diarak keliling kota.

Tujuan tradisi ini adalah untuk menunjukan bahwa banyak hal yang lebih berat ato "jijik" disini daripada masalah2 yang akan dihadapi sang pengantin ketika sudah menikah nanti.


10. Polterabend ,Jerman
Spoiler for Incredible World Traditions:

Polterabend adalah tradisi pra-pernikahan orang Jerman dimana rekan dan keluarga pengantin berkumpul dalam acara informal yg mengharuskan mereka memecahkan piring, pot bunga, keramik , dll (kecuali kaca dan cermin) dengan cara dibanting.

Tradisi ini dimaksudkan untuk menyimbolkan rasa KERJA SAMA dalam menghadapi kesukaran dimasa datang (tapi lebih mirip "Perang Domestik" ketika menghadapi kesukaran dimasa datang )



1 comments:

andi said...

wkwkwk..gurning di inggris bagus jg tuh, ada2 aja..

Post a Comment

Followers