IKLAN

Buku Tamu

Visitors

My Blog Fans

SHARE ON

Wednesday, October 26, 2011

Dewa-dewa yang ada di jepang

Nah selain hantu-hantu jepang yang kia bahas disini

Hantu-hantu dan Segala Hal Gaib dari Jepang


sekarang kebalikannya nih..

sesuai kepercayaan yang ada di Jepang ada yg disebut namanya Kami yg artinya Dewa (God/Divine God/Deity)

dan jumlahnya sangat sangat banyak sekali.. karena di tiap daerah atau tiap kuil di Jepang itu punya dewa masing-masing..

oleh karena itu list dibawah ini cuma yang utama atau intinya aja:

  • Ame-no-Uzume (天宇受売命 atau 天鈿女命)

    Biasanya disebut Uzume, dia adalah dewi fajar dan pesta pora.
  • Amaterasu-O-Mi-Kami (天 照大神 atau 天照大御神)

    Biasanya disebut Amaterasu, dia adalah dewi matahari. Nama lengkap nya berarti "Dewi Besar" atau "Roh Agung Yang Bersinar di Surga", ia juga dapat disebut sebagai Ōhiru-menomuchi-no-kami (大日孁贵神). Karena hubungan ke keluarga Imperial, ia sering dianggap (meskipun tidak resmi) sebagai "dewa utama" dari Shinto.
  • Ame-no-Koyane (天児屋命 atau 天児屋根命) 
  •  
  • Seorang dewa laki-laki, ia dianggap sebagai "First in Charge of Divine Affairs", serta ajudan Kaisar pertama Jepang. Dia juga dianggap sebagai nenek moyang dari keluarga Fujiwara.
  • Fujin (风神)

    Juga dikenal sebagai Kami-no-Kaze, ia adalah dewa angin Jepang dan salah satu dewa Shinto tertua, mengatakan untuk hadir pada saat penciptaan dunia. Ia sering digambarkan sebagai oni dengan tas tersandang di punggungnya.
  • Hachiman (八幡神)

    Juga dikenal sebagai Hachiman-shin atau Yawata no Kami, dia adalah dewa perang dan dewa pelindung Jepang dan rakyatnya. Awalnya sebuah dewa pertanian, ia kemudian menjadi wali dari klan Minamoto. Hewan simbolik dan utusan-Nya adalah merpati.
  • Inari (稲 荷) fgh
     
  • Dewa atau dewi padi dan kesuburan. Simbolisasi binatangnya adalah Rubah.
  • Izanagi (伊弊诺 atau 伊邪那岐)
    Para nenek moyang para dewa, ia adalah laki-laki pertama serta dewa penciptaan dan kehidupan. Dia dan istrinya, Izanami, bertanggung jawab untuk kelahiran pulau-pulau Jepang dan para Kami, meskipun ia meninggal saat melahirkan. Setelah gagal membawa kembali Izanami dari Yomi (Underworld), ia menjadi bapak Amaterasu, Susanoo dan Tsukuyomi.
  • Izanami (伊弉冉 atau 伊邪那美)
    Adik serta Istri Izanagi (WTF! Incest) , dia adalah wanita pertama serta dewi penciptaan dan kematian. Dia meninggal tak lama setelah kelahiran Kagu-tsuchi, dan Izanagi mengikutinya ke Yomi (underworld), tetapi gagal untuk membawa kembali ke dunia kehidupan.

    Pic: Izanami dan Izanagi


  • Ninigi-no-Mikoto (琼琼杵尊)
    Biasanya disebut Ninigi, ia adalah cucu dari Amaterasu. Cicit dari Kamuyamato Iwarebiko, kemudian dikenal sebagai Kaisar Jimmu, kaisar pertama Jepang.
  • Omoikane (思兼)
    Dewa kebijaksanaan dan kecerdasan
  • Raijin (雷神)

    Biasanya disebut Raiden (雷电), dia adalah dewa guntur dan kilat, dan sering dipasangkan dengan Fujin. Raijin biasanya digambarkan sebagai suatu oni.
  • Ryūjin (龙神)
    Juga dikenal sebagai Ōwatatsumi, ia adalah naga, serta dewa laut. Dia tinggal di Ryugu-jo, istana di bawah laut dibangun dari karang merah dan putih, dimana dia mengendalikan arus air pasang dengan permata ajaib.
  • Sukuna-Biko-Na (少名毗古那)
    Sebuah dewa obat-obatan dan hujan, dia yang menciptakan dan memadatkan tanah dengan Ōkuninushi.
  • Tenjin (天神)

    Dewa Ilmu Pengetahuan
  • Toyotama-hime (豊玉姫)

    Juga dikenal sebagai Otohime (乙 姫), dia adalah putri Ryūjin dan nenek dari Jimmu. Dikatakan bahwa setelah ia melahirkan anaknya, dia berubah menjadi seekor naga dan menghilang.
  • Tsukuyomi-no-Mikoto (月読の命 atau 月夜見の尊)
    Juga dikenal sebagai Tsukiyomi, Tsuki no Kami, Tsukiyomino Mikoto, dan Tsukiyumi no Mikoto, dia adalah dewa bulan. Dia membunuh dewi makanan, Uke Mochi, karena kemarahannya akan cara dia menyiapkan makanan. Hal ini menyebabkan Amaterasu untuk tidak pernah menemuinya lagi, sehingga matahari dan bulan berada di bagian yang berbeda dari langit.


----

ntar di tambahin lagi soalnya buanyak bgt..
silahkan klo ada yg mau nambahin..

btw sedikit cerita tentang Izanami dan Izanagi..

Dibekali dengan tombak sakti Amanonuhoko, keduanya (Izanami dan Izanagi) diutus ke Amenoukihashi [Floating Bridge of Heaven], sebuah jembatan yang memisahkan antara bumi dan surga. Dari Amenounikihashi, mereka menurunkan tombak Amanonuhoko kedalam laut. Ketika diangkat kembali, tetesan air laut yang jatuh berubah menjadi pulau. Di pulau tersebut mereka mulai membentuk dunia baru. Izanagi dan Izanami melahirkan anak-anak pertama, Hiruko dan Awashima, namun tidak sempurna bentuknya dan tidak dianggap sebagai dewa sehingga keduanya dibuang ke laut.

Selanjutnya Izanagi dan Izanami melahirkan Ouyashima-kuni atau delapan pulau besar di Jepang, yaitu: Awazi, Iyo [Shikoku], Ogi, Tsukushi [Kyushu], Iki, Tsushima, Sado dan Yamato [Honshu]. Pulau Hokkaido, Chishima dan Okinawa tidak termasuk dalam kepulauan jepang menurut mitologi kuno. Izanami masih terus melahirkan banyak pulau dan dewa-dewi. Tetapi ketika melahirkan dewa api, Kagutsuchi, tubuhnya terbakar dan meninggalkan dunia menuju Yomi, dunia orang mati.

Izanagi sangat sedih dan tidak rela istrinya meninggal sampai-sampai mengejar Izanami ke dunia orang mati. Namun terlambat karena di sana Izanami sudah memekan makanan untuk orang mati dan tubuhnya membusuk. Izanagi yang terkejut melihat keadaan tubuh istrinya, ketakutan dan berlari ke luar dari yomi. Izanami marah dan menyuruh setan-setan Shikome untuk mengejar Izanagi. Begitu berhasil keluar dari Yomi, Izanagi menyegel pintunya sehingga para shikome dan Izanami tidak bisa lagi mengejarnya. Izanami bersumpah akan membunuh 1000 orang setiapharinya, tapi Izanagi membalasnya bahwa ia kan menciptakan 1500 kehidupan baru sebagai gantinya. Dari sinilah awal kematian dan kehidupan, yang disebabkan oleh dendam Izanami terhadap suaminya.

---

ayo ayo mari kita share tentang yg makhluk-makhluk gaib Jepang lainnya..

0 comments:

Post a Comment

Followers